13 Kelebihan dan Kekurangan Vario 160 Yang Wajib Kalian Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Vario 160

Motomotifo.com – Honda Vario 160 menjadi salah satu motor matic paling populer di Indonesia saat ini. Motor ini menawarkan sejumlah kelebihan yang bisa menjadi alasan kuat untuk membelinya. Meskipun begitu, Vario 160 tetap memiliki beberapa kekurangan yang bisa sobat simak pada artikel kelebihan dan kekurangan Vario 160 berikut ini.

Honda Vario 160 resmi diluncurkan pada tahun 2022, menggantikan Vario 150 yang sudah sejak lama menjadi produk andalan Honda di kelas motor matic premium. Harganya memang tidak semahal Honda PCX maupun Honda ADV, namun memiliki spesifikasi mesin hampir serupa yang menjadikan mesinnya sangat bertenaga dan irit bahan bakar.

Desain yang sporty dan modern menjadi nilai tambah motor ini. Meskipun demikian, desain Vario 160 cukup kontroversial, dengan pendapat yang beragam di antara konsumen. Ada yang sangat menyukai desainnya, sementara ada juga yang mencemoohnya. Beberapa orang mungkin mengapresiasi garis-garis tajam dan konsep aerodinamis yang memberikan kesan dinamis pada Vario 160. Namun, di sisi lain, banyak yang tidak menyukai desainnya karena dianggap terlalu agresif atau mencolok.

Kami sendiri cukup menyukai desain motor ini karena terlihat berani dan agresif yang menunjukkan bahwa Vario 160 merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin tampil beda dan menonjol di jalanan. Desain yang mencerminkan keberanian ini memberikan karakter tersendiri pada motor, menciptakan identitas yang kuat dan membedakannya dari model lain dalam kelasnya.

Terlepas dari suka atau tidak pada desain Honda Vario 160, kita wajib mengapresiasi inovasi Honda dalam mendesain motor ini. Apalagi Honda Vario 160 memiliki beragam kelebihan lainnya yang bisa menjadi tolak ukur untuk melihat bagaimana kualitas motor ini. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Vario 160, silakan simak artikel motomotifo.com di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Vario 160

Kelebihan Honda Vario 160

Kelebihan Honda Vario 160

1. Mesin Canggih Bertenaga Besar

Honda Vario 160 dibekali dengan mesin yang dapat diandalkan, yaitu mesin 4-langkah, 4-valve, eSP+ berkapasitas 156,9 cc. Sistem eSP+ (enhanced Smart Power) pada mesin ini tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi juga memberikan performa yang tangguh. Dengan kombinasi ini, Vario 160 mampu memberikan pengalaman berkendara yang responsif dan bertenaga dengan power mencapai 11,3 kW / 8.500 rpm dan torsi hingga 13,8 Nm / 7.000 rpm


2. Konsumsi Bahan Bakar Irit

Keunggulan lain dari Vario 160 adalah konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Mesin canggih dan teknologi eSP+ membantu mencapai efisiensi bahan bakar yang optimal, menjadikannya pilihan yang ekonomis dan ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakar motor ini juga dioptimalkan oleh teknologi Idling Stop System dan ACG Starter yang menjadikan konsumsi bahan bakar Vario 160 mencapai 46.9 km/liter.


3. Tersedia Varian ABS

Vario 160 hadir dalam varian dengan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Braking System). Sistem ini memberikan keamanan tambahan dengan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, memberikan kontrol yang lebih baik dan mengurangi risiko kecelakaan. Tak hanya itu, Honda juga memberikan teknologi Combie Brake System untuk Vario 160 tipe CBS.


4. Memiliki Fitur Smart Key System

Fitur Smart Key System pada Vario 160 merupakan inovasi yang mempermudah pengendara. Dengan sistem ini, pengendara dapat menghidupkan mesin tanpa perlu memasukkan kunci fisik, cukup dengan membawa kunci pintar yang terintegrasi.


5. Semua Lampu Sudah LED

Seluruh sistem pencahayaan pada Vario 160 menggunakan teknologi LED. Lampu depan, lampu belakang, serta lampu sein semuanya menggunakan LED. Keunggulan LED meliputi konsumsi energi yang lebih rendah, umur lebih panjang, dan daya terang yang lebih baik.


6. Kapasitas Bagasi Cukup Luas

Bagasi Vario 160 memiliki kapasitas yang cukup besar, mencapai 18 liter. Hal ini memberikan kemudahan dalam membawa barang bawaan, seperti helm atau barang belanjaan, menjadikan Vario 160 sangat praktis untuk keperluan sehari-hari.


7. Rem Belakang Sudah Cakram

Sistem pengereman Vario 160 telah menggunakan rem belakang cakram. Rem cakram belakang ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pengereman, tetapi juga memberikan kontrol yang lebih baik saat berkendara.


8. Speedometer Full Digital Yang Modern

Panel instrumen Vario 160 dilengkapi dengan speedometer full digital yang modern. Tampilan ini memberikan informasi berkendara dengan jelas, termasuk kecepatan, aki, indikator bahan bakar, dan informasi lainnya dengan desain yang estetis. Untuk Vario 160 tipe ABS juga disediakan indiktor ABS yang akan sangat berguna untuk memantau apakah ABS aktif atau tidak.


9. Ukuran Ban Cukup Lebar

Ukuran ban yang cukup lebar pada Vario 160 memberikan traksi dan stabilitas yang baik saat berkendara. Hal ini tidak hanya meningkatkan keselamatan, tetapi juga memberikan pengendara kenyamanan ekstra. Dimana untuk bagian depan menggunakan ban tubeless berukuran 100/80 – 14M/C dan untuk bagian belakang berukuran 120/70 – 14M/C.


10. Rangka esaf

Honda Vario 160 menggunakan rangka berjenis eSAF. Rangka ini memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa sobat simak pada artikel ini “Kelebihan dan Kekurangan Rangka eSAF“. Rangka tersebut jauh lebih ringkat dibanding rangka Underbone sehingga menjamin kestabilan motor yang lebih optimal dan mengingkatkan kenyamanan saat bermanuver.


11. Memiliki USB Charger

Pada bagian depan Honda Vario 160, terdapat console box yang memiliki fasilitas USB Charger. Keberadaan USB Charger ini memberikan kepraktisan tambahan bagi pengendara Vario 160. Dengan adanya fasilitas ini, pengendara dapat mengisi daya baterai gadget mereka secara langsung saat sedang mengendarai motor, tanpa perlu menambah adapter atau mencari sumber daya tambahan.

Kekurangan Honda Vario 160

Kekurangan Vario 160

1. Desain Terlalu Agresif

Meskipun banyak yang suka, namun desain Honda Vario 160 yang terlalu agresif membuat sebagian orang enggan membelinya. Banyak yang lebih menyukai desain Vario 150 yang terlihat lebih elegan dan premium. Sedangkan untuk Vario 160 lebih condong berkesan sporty dan futuristik.


2. Harga Cukup Mahal

Menurut kami, ini bukan termasuk kekurangan. Namun bagi yang memiliki budget terbatas mungkin akan mempertimbangkan membeli motor ini. Pasalnya harga Vario 160 tipe termurah dibanderol Rp. 26.6 Jutaan. Sedangkan yang termahal, yaitu tipe ABS mencapai Rp. 29.5 Jutaan. Nah untuk mengetahui secara lengkap harganya, silakan simak artikel ini “Harga Vario 160 Terbaru

Semua kelebihan dan kekurangan Honda Vario 160 yang telah kami sampaikan di atas dapat menjadi pertimbangan yang penting sebelum sobat memutuskan untuk membeli motor ini. Yang pasti, Vario 160 merupakan sebagai salah satu motor matic terbaik di Indonesia yang bisa sobat dapatkan dengan harga di bawah 30 Juta Rupiah.

Dengan performa yang tangguh, fitur-fitur modern, dan desain yang berani, Vario 160 menawarkan kombinasi yang menarik bagi sobat yang mencari motor matic terbaik. Apalagi Honda melengkapinya dengan mesin baru yang dijamin lebih bertenaga dan irit dibanding Vario 150. Fitur yang tersedia juga sangat lengkap sehingga sobat tidak akan menyesal jika membelinya.

Sebenarnya masih ada beragam fitur unggulan lainnya yang dimiliki Vario 160. Untuk mengetahuinya secara lengkap, sobat bisa menyimak pembahasan pada artikel ini “Fitur dan Spesifikasi Honda Vario 160“.

Kesimpulan

Dpaat kita simpulkan bahwa Honda Vario 160 menawarkan kombinasi performa tinggi, desain modern, dan fitur canggih, menjadikannya salah satu motor matic terbaik di Indonesia. Mesin canggih eSP+, fitur-fitur seperti Smart Key System dan All LED Lighting System, serta desain sporty membuat Vario 160 menjadi pilihan menarik bagi sobat yang mencari motor matic dengan harga di bawah 30 Juta.

Harga Honda Vario 160 mungkin terlalu mahal bagi sebagian orang, sehingga bisa menjadi salah satu kekurangan motor ini. Namun menurut kami, harga Vario 160 sebanding dengan fitur serta spesifikasi yang dimilikinya. Nah bagi yang sudah yakin membelinya setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan Vario 160, selanjutnya tinggal memilih warna yang diinginkan.

Untuk mengetahui berbagai pilihan warna yang tersedia, silakan simak artikel ini, “Pilihan Warna Honda Vario 160. Penting untuk diingat bahwa artikel kelebihan dan kekurangan Vario 160 di atas disusun berdasarkan pendapat kami, dan pendapat orang lain mungkin berbeda-beda. Sebaiknya, lakukan riset lebih lanjut, uji coba, dan pertimbangkan kebutuhan pribadi sebelum membuat keputusan pembelian.