Mau Beli? Inilah 14 Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat Deluxe

Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat Deluxe

Motomotifo.com – Honda Beat menjadi motor matic terlaris di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, motor ini terus mengalami perkembangan hingga akhirnya muncul Honda Beat Deluxe. Nah bagi sobat motomotifo yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Honda Beat Deluxe silakan simak artikel berikut ini.

Honda Beat bukanlah motor matic termurah di Indonesia. Meskipun begitu, motor ini tetap digandrungi masyarakat Indonesia yang mencari motor matic murah, namun tetap canggih dan berkelas. Terlebih sudah ada Honda Beat Deluxe yang menyempurnakan generasi-generasi sebelumnya.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki Honda Beat Deluxe, mulai dari desain, fitur, performa, hingga teknologi yang dibawanya. Dari segi harga juga terjangkau dan menjadi motor matic termurah yang dipasarkan Honda di Indonesia.

Kata murah bukan berarti murahan. Motor ini tetap berkelas dengan hadirnya beragam fitur canggih yang menjadi kelebihan Beat Deluxe. Walaupun begitu, Beat Deluxe tetap memiliki beberapa kekurangan yang wajib sobat motomotifo ketahui sebelum membelinya. Adapun kelebihan dan kekurangannya silahkan simak berikut ini.

Kelebihan Motor Beat Deluxe

Honda Beat dipasarkan dalam dua varian, yakni Beat CBS dan Beat Deluxe. Perbedaan keduanya terletak pada segi fitur dan pilihan warna yang ditawarkan. Varian Beat Deluxe memiliki fitur lebih lengkap dan dijual dengan harga sedikit lebih mahal.

Kedua tipe motor Beat sama-sama menarik. Keduanya memiliki spesifikasi mesin dan desain yang sama. Perbedaan fiturnya juga tidak terlalu mencolok, seimbang dengan selisih harga jualnya. Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Honda Beat Deluxe dibanding tipe CBS?

Kelebihan Motor Beat Deluxe

Dengan harga yang lebih mahal, tentu Beat Deluxe menawarkan fitur yang lebih lengkap sebagai kelebihan utamanya. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan Beat Deluxe silahkan simak di bawah ini.

1. Desain Stylish dan Elegan

Perbedaan mencolok antara Honda Beat CBS dan Beat Deluxe adalah warnanya. Varian ini memiliki warna polos yang dipadukan dengan emblem bertuliskan “Beat” untuk menciptakan kesan lebih elegan dan stylish. Total ada empat pilihan warna yang ditawarkan, yakni silver, hijau, hitam, dan biru.

Untuk desain sama persis dengan Beat CBS yang sama-sama memiliki lekukan bodi tajam yang terlihat futuristik dan modern. Untuk dimensinya juga ringkas dan kompak dengan dimensi 1.877 x 669 x 1.074 mm dan bobot hanya 89 kg.

Dengan dimensi yang kompak dan bobot sangat ringan maka sangat tepat jika memilih motor ini untuk melewati jalan perkotaan yang padat dan macet. Apalagi desainnya sangat stylish sehingga mampu menarik perhatian banyak orang.

2. Dilengkapi fitur Power Charger

Fitur Beat Delixe

Salah satu kelebihan dari Honda Beat Deluxe adalah dilengkapi dengan fitur Power Charger. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya smartphone atau gadget lainnya langsung dari motor. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah perjalanan.

Sayang fitur power charger Beat Deluxe belum dilengkapi port USB. Pengguna Beat Deluxe harus membeli adaptor terpisah. Kekurangan tersebut tak jadi masalah karena harga adapter charger cukup terjangkau.

3. mengadopsi idling stop system

Kelebihan utama Honda Beat Deluxe adalah memiliki fitur Idling Stop System. Fitur ini yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti dalam waktu yang cukup lama. Dengan adanya fitur ini maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

4. Dilengkapi Teknologi Combi Brake System

Sobat tidak perlu takut tergelincir ketika mengerem mendadak di jalan yang licin. Sebab Beat Deluxe memiliki kelebihan sudah dilengkapi teknologi Combi Brake System. Teknologi tersebut bekerja dengan cara menghubungkan rem depan dan rem belakang secara otomatis sehingga pengendara motor bisa lebih mudah mengendalikan motor saat melakukan pengereman.

Tipe rem yang digunakan sudah cakram pada roda depan. Namun untuk roda belakang masih tromol. Kekurangan tersebut bisa dimaklumi karena harga Honda Beat Deluxe cukup terjangkau dan menjadi yang termurah dibanding motor matic Honda lainnya.

5. Sudah menggunakan lampu LED

Kelebihan Motor Beat Deluxe

Kelebihan selanjutnya adalah sudah menggunakan lampu depan dengan teknologi LED. Selain lebih terang, teknologi LED juga lebih awet dan hemat daya dibandingkan dengan teknologi lampu konvensional.

Lampu dengan teknologi LED menjadi standar untuk motor jaman sekarang. Hanya saja teknologi tersebut belum diaplikasikan ke semua bagian lampu Beat Deluxe. Sebab untuk lampu belakang dan sein masih menggunakan bohlam konvensional.

6. Bagasi luas Honda Beat Deluxe

Keuntungan memilih Honda Beat Deluxe adalah memiliki bagasi luas. Bagasi motor ini bisa menampung barang bawaan hingga 12 Liter. Dengan bagasi seluas itu, sobat bisa menaruh mantel, topi, tas dan barang bawaan lainnya dengan mudah. Namun sayang bagasi tersebut tidak bisa digunakan untuk menyimpan helm.

Untuk motor matic seringkas Beat Deluxe, bagasi 12 Liter sudah lebih dari cukup. Jika kapasitas bagasi kurang, sobat bisa memanfaatkan cantelan barang yang ditempatkan di deck depan sehingga tidak perlu khawatir ketika bepergian jauh dan membawa barang bawaan yang cukup banyak.

7. Tangki bensin lebih besar

Honda mendesain Beat Deluxe dengan kapasitas tangki lebih besar. Motor ini bisa menyimpan bahan bakar sebanyak 4.2 Liter sehingga pengendara tidak perlu sering-sering mengisi bensin saat berkendara.

8. Konsumsi Bahan Bakar Sangat Irit

Kelebihan Beat Deluxe

Kecanggihan teknologi mesin Honda Beat Deluxe yang ditambah fitur Idling Stop System dan ACG Starter membuat konsumsi bahan bakar Beat Deluxe sangat irit. Motor ini tercatat memiliki konsumsi BBM hingga 60.6 km/liter ketika fitur Idling Stop System diaktifkan.

Menurut kami inilah alasan kenapa sobat harus membeli Beat Deluxe dibanding motor matic sekelasnya. Tidak hanya irit, motor ini juga menawarkan fitur dan teknologi tak kalah canggih dari motor matic Yamaha, Suzuki, ataupun merek motor lainnya.

9. Sudah Menggunakan Ban Tubeless

Motor matic Honda Beat Deluxe sudah menggunakan ban tubeless yang lebih praktis dan aman dibandingkan dengan ban konvensional. Ban jenis ini jauh lebih aman karena tidak mungkin langsung bocor ketika terkena paku di jalan. Alhasil berkendara semakin aman dan nyaman menggunakan Beat Deluxe.

Selain ban tubeless, Beat Deluxe juga memiliki velg stylish dengan ukuran ring 14″. Velg tersebut berpadu dengan ban depan berukuran 80/90 – 14 M/C dan ban belakang 90/90 – 14 M/C. Kedua ban tersebut sudah tubeless dan memiliki ukuran yang ideal untuk dimensi Beat Deluxe.

10. Mengadopsi Rangka eSAF

Rangka yang digunakan Beat Deluxe berbeda dengan Beat generasi sebelumnya. Motor ini sudah menggunakan rangka dengan teknologi eSAF (eNHANCED SMART ARCHIECTURE FRAME). Teknologi tersebut membuat Beat Deluxe semakin mudah dikendalikan dan lincah di jalan. Alhasil sensasi berkendara menggunakan Beat Deluxe akan semakin nyaman.

11. Harga murah

Meskipun dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, harga Honda Beat Deluxe masih tergolong terjangkau bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dengan harga yang lebih terjangkau, Honda Beat Deluxe bisa menjadi alternatif bagi para pecinta motor yang ingin memiliki motor dengan kualitas dan fitur yang baik.

Motor ini dijual dengan harga sedikit lebih mahal dibanding Honda Beat CBS. Untuk mengetahui harga terbarunya silahkan simak pada artikel “SPESIFIKASI DAN HARGA HONDA BEAT“.

Kekurangan Honda Beat Deluxe

Kekurangan Beat Deluxe

Semua kelebihan di atas bisa menjadi alasan tepat untuk membeli Honda Beat Deluxe. Namun motor ini tetap memiliki kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan utama jika ingin membeli Beat Deluxe. Nah untuk mengetahui apa saja kekurangan Beat Deluxe silahkan simak berikut ini.

1. Tenaga mesin masih standar

Honda Beat Deluxe dilengkapi mesin SOHC berkapasitas 110cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 6.6 kW pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 9.3 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk berkendara secara nyaman. Namun diantara motor matic lainnya, bisa dikatakan Beat Deluxe memiliki tenaga yang lebih kecil.

Keuntungan dari kekurangan tersebut adalah membuat konsumsi bahan bakar Honda Beat Deluxe menjadi yang paling irit. Bagi yang tidak terlalu menyukai kebut-kebutan, maka menurut kami tenaga motor ini sudah lebih dari cukup dan dapat diandalkan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari.

2. Lampu Belakang Belum LED

Lampu belakang dan sein Beat Deluxe belum menggunakan teknologi LED seperti lampu depannya. Hal ini mungkin akan sedikit mengurangi kesan modern pada motor ini, terutama pada malam hari. Namun kekurangan ini masih bisa diatasi dengan mengganti lampu belakang dan lampu sein menggunakan lampu aftermarket.

3. Belum Dilengkapi Fitur Keyless

Fitur Keyless menjadi fitur yang cukup penting karena bisa meningkatkan keamanan sepeda motor dari para maling. Namun sayang fitur Keyless belum tersedia pada Honda Beat Deluxe. Bagi yang ingin mendapatkan fitur tersebut bisa membeli motor matic Honda lainnya seperti Scoopy, PCX, atau ADV 160.

4. Panel Meter Belum Full Digital

Kekurangan lainnya adalah belum mengadopsi panel meter full digital. Meskipun begitu, motor ini tetap memiliki panel meter dengan desain modern dan mampu menampilkan indikator berkendara secara lengkap. Lagi pula harga Honda Beat Deluxe dibanderol di bawah 20 Juta Rupiah, jadi wajar jika memiliki kekurangan tersebut.

Kesimpulan

Dibalik semua kelebihan dan kekurangan Honda Beat Deluxe di atas, motor ini layak menjadi pilihan utama bagi yang mencari motor matic terbaik dengan rentang harga di bawah 20 Juta Rupiah. Apalagi Beat Deluxe menawarkan konsumsi bahan bakar yang sangat irit, mesin responsif, desain stylish, dan beragam fitur canggih lainnya.

Jika harga Beat Deluxe dirasa terlalu mahal, maka masih ada alternatif lain, yaitu Beat CBS. Selisih harga keduanya kurang dari 1 Juta Rupiah. Selisihnya memang cukup sedikit dan untuk varian CBS belum dilengkapi fitur Idling Stop System dan Power Charger.

Silakan sobat motomotifo tentukan sendiri apakah akan membeli motor ini atau tidak. Semoga ulasan kelebihan dan kekurangan Honda Beat Deluxe di atas bisa menjadi referensi sebelum membelinya. Terima kasih, dan salam otomotif.