Siap Diluncurkan! Ini Dia Spesifikasi dan Harga Honda Stylo 160

Honda Stylo 160

Motomotifo.com – PT. Astra Honda Motor siap menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan meluncurkan motor matic terbaru bernama Honda Stylo 160. Motor ini mengusung desain klasik modern yang menjadi daya tarik utamanya, mirip dengan Scoopy dan Genio.

Meskipun sama-sama bergaya klasik modern, namun Stylo 160 memiliki target pasar yang lebih premium daripada Scoopy dan Genio. Motor ini akan bersaing dengan motor matic dari Vespa dan Yamaha Grand Filano yang notabennya dibanderol cukup mahal.

Hadirnya Stylo 160 pasti membuat lawan-lawannya ketar-ketir, terutama Yamaha Grand Filano. Keduanya akan head-to-head dengan menawarkan desain klasik yang elegan dan mewah. Fitur yang ditawarkan juga tidak kalah canggih dari Grand Filano.

Pastinya Honda tidak akan ingin pasar skutik premium dikuasai oleh Yamaha. Honda akan tampil all-out dengan menghadirkan beragam fitur canggih seperti sistem penguncian keyless, speedometer digital, lampu LED dan beragam fitur canggih lainnya.

Namun kemungkinan harga Honda Stylo 160 akan sedikit lebih mahal dibandingkan Grand Filano, mengingat kapasitas mesin yang lebih besar. Sebagai perbandingan, Yamaha Grand Filano mengusung mesin berkapasitas 125cc dan dijual di Indonesia dengan harga sekitar Rp. 27 Jutaan.

Dari namanya, sudah terlihat bahwa Stylo 160 akan menggunakan mesin berkapasitas 160cc, sama seperti Honda ADV 160, Honda Vario 160, dan Honda PCX 160. Namun kabarnya, Honda Stylo akan memakai konfigurasi mesin yang sama dengan Vario 160.

Apabila mesinnya sama dengan Vario 160, maka motor ini akan mengusung mesin berkapasitas 156,9 cc dengan konfigurasi 4 langkah, 4-valve, eSP+, dan sistem pendingin cairan.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 11,3 kW atau setara 15.4 PS yang diraih pada putaran 8.500 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm.

Jika dibandingkan dengan Yamaha Grand Filano, tentu mesin Stylo 160 jauh lebih unggul. Pasalnya Grand Filano mengusung mesin 4 Langkah, SOHC, Blue Core Hybrid dengan kapasitas 124,86 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 6.1 kW pada 6.500 rpm dan torsi 10.4 Nm pada 5.500 rpm.

Kapasitas mesin yang lebih besar menjadi nilai tambah bagi Stylo 160 untuk bersaing melawan Yamaha Grand Filano maupun motor matic bergaya retro lainnya. Sebelumnya Honda juga pernah memasarkan motor matic bergaya klasik Eropa, yakni Honda SH150.

Honda SH150 sudah disuntik mati dan tidak lagi dipasarkan di Indonesia. Harga yang mahal membuat motor tersebut kurang laris di pasaran. Namun kami yakin nasib Stylo 160 akan berbeda jauh dengan pendahulunya. Pasalnya motor ini akan diproduksi oleh AHM (ATRA Honda Motor).

Motor Honda Stylo 160

Merek dagang AHM Stylo 160 telah resmi didaftarkan. Itu artinya motor ini akan diproduksi di Indonesia. Alhasil harga Stylo 160 akan jauh lebih terjangkau dibanding Honda SH150 yang berstatus sebagai motor CBU.

Berapa harga Honda Stylo 160?

Saat ini belum ada informasi resmi terkait tanggal peluncuran ataupun harga Honda Stylo 160 di Indonesia. Kemungkinan besar motor ini akan diluncurkan dalam waktu dekat ini karena nama AH, Stylo telah terdaftar pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Apabila melihat spesifikasinya, kemungkinan motor ini akan dijual dengan rentang harga Rp. 30 Jutaan. Bisa saja harganya lebih murah, apabila mengacu pada harga Vario 160 yang dijual dengan harga Rp. 26.5 Jutaan untuk tipe CBS dan Rp. 29 Jutaan untuk tipe ABS.

Kemungkinan Honda Stylo 160 juga hadir dalam 2 versi, yakni CBS dan ABS. Untuk versi ABS biasanya dibanderol lebih mahal sekitar 3 Jutaan dibanding versi CBS. Namun, untuk memastikan harga resmi dan varian yang akan ditawarkan, kita perlu menunggu informasi yang lebih lanjut saat motor ini resmi dipasarkan di Indonesia.